Pelanggan PLN Sudah Dapat Diskon Dan Token Listrik Gratis Untuk Mei

Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan bahwa penyaluran stimulus COVID-19 berupa listrik gratis dan diskon listrik pada Mei tetap berjalan lancar sesuai dengan rencana. Stimulus ini diberikan oleh pemerintah untuk meringankan beban ekonomi masyarakat akibat dari dampak pandemi virus COVID-19.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan bahwa untuk pelanggan pascabayar, listrik gratis serta diskon listrik langsung akan mengurangi tagihan rekening listrik pada Mei. Sementara untuk 11,8 juta pelanggang prabayar, token listrik pada bulan Mei 2020 telah dapat diakses di situs www.pln.co.id atau layanan WhatsApp nomor 0812-2123-123.

“Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan prabayar yang berhak untuk memperoleh stimulus ini dapat memperoleh tokennya melalui situs ataupun layanan WhatsApp yang telah tersedia,” katanya.

Pelanggan PLN Sudah Dapat Diskon Dan Token Listrik Gratis Untuk Mei

Made menjelaskan saat ini terdapat empat golongan yang terjangkau didalam kebijakan listrik gratis dan diskon listik PLN. Pelanggang rumah tangga dengan daya 450 VA memperoleh gratis 3 bulan, terhitung dari April hingga Juni. Untuk pengguna rumah tangga daya 900 VA Subsidi akan memperoleh diskon 50 persen untuk 3 bulan terhitung dari April hingga Juni. Untuk pelanggan bisnis kecil kategori B1 dengan daya 450 VA memperoleh pembebasan tarif selama 6 bulan terhitung dari Mei hingga Oktober dan pelanggang industri kecil kategori I1 dengan daya 450 VA digratiskan selama 6 bulan, mulai dari Mei hingga Oktober.

Untuk token listrik strimulus COVID-19 dapat diperoleh pelanggan dengan melalui situs, yaitu dengan cara berikut:

  1. Buka situs www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus COVID-19 (Token Gratis /Diskon)
  2. Masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran
  3. Kemudian token gratis akan ditampilkan pada layar
  4. Pelanggan tinggal memasukan token gratis tersebut kedalam meteran yang sesuai dengna ID Pelanggan

Disamping itu, PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk dapat mempermudah pelanggan unutk mendapatkan token listrik dengan cara berikut:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Lakukan chat ke nomor WhatsApp, 0812-2123-123 dan ikuti petunjuk yang dimana salah satunya memasukan ID Pelanggan
  3. Setelah memasukan ID Pelanggan, token gratis akan muncul
  4. Terakhir adalah pelanggan tinggal memasukan token gratis tersebut kedalam meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Sementara itu, untuk menjangkau pelanggan pada daerah terpencil, PLN akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Keluarahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi COVID-19 dapat mencapai pelanggan.

“Kami akan terus memastikan bahwa stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat sehingga dapat meringankan beban mereka di tengah pandemi COVID-19,” jelasnya.